Radiofrekuensi Ablasi Atasi Nyeri Punggung dalam Hitungan Menit

Nyeri punggung bagian bawah, atas apapun bentuknya dan dimanapun pusatnya memang menyebalkan. Apalagi jika serangannya berulang. Bahkan ada yang telah mencoba berbagai pengobatan tak juga kunjung sembuh. Untungnya Lamina Pain and Spine Center, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif pengobatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda seperti radiofrekuensi ablasi.

Melalui konsultasi dengan para dokter kami, Anda bisa mendapatkan solusi jitu untuk keluhan nyeri Anda. Anda bisa berkunjung dan menemui Dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, Dr. Yosi Yudha, SpBS dan DR. Dr. Wawan Mulyawan, SpBS, Prof. Dr. Darto Satoto SpAn(K), untuk pemeriksaan kondisi nyeri Anda. Jika belum cukup yakin Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di bawah ini untuk konsultasi gratis.

Bedah syaraf terbuka untuk mengatasi nyeri memang bukan satu-satunya cara, kecuali cara lain tak lagi bisa dilakukan. Di Lamina yang dulu bernama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang dan sudah menyelesaikan puluhan ribu kasus nyeri Anda bisa mendapatkan pengobatan sesuai kondisi nyeri Anda.
Mulai dari terapi dengan obat-obatan untuk kasus paling ringan injeksi intra artikular atau suntikan kortikosteroid untuk mengurangi nyeri, penggunaan laser untuk Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD), endoskopi pada Percutaneous Endoscopy Disc Discectomy (PELD) dan Radiofrekuensi Ablasi (RF).

Radiofrekuensi Ablasi untuk Minimalkan Penggunaan Obat

Mengatasi nyeri memang bisa dengan menggunakan obat. “Tapi ada nyeri yang kompleks, misalnya kanker. Pada umumnya keluhan nyeri akibat kanker diatasi dengan pemberian morfin, tapi sampai batas tertentu pasien menjadi kebal. Rasa nyeri hebat yang dirasakan pasien bisa membuat mereka ingin bunuh diri,” kata Dr. Mahdian Nur Nasution, spesialis bedah saraf yang mengomandoi jaringan Lamina.

Belum lagi efek samping dari penggunaan obat-obatan, sementara untuk melakukan operasi tak semua pasien mau melakukannya kata Dr. Mahdian memaparkan pengalamannya.

Ia menjelaskan, sejak beberapa tahun terakhir ini berkembang ilmu interventional pain management (IPM) yang mempelajari teknik-teknik intervensi dalam menangani nyeri yang sulit diatasi. Nah, salah satu terapi intervensi yang sudah dipakai secara luas di banyak negara adalah Radiofrekuensi Ablasi ini.

Prinsip kerjanya adalah menggunakan aliran listrik yang diproduksi gelombang radio untuk memanaskan bagian saraf tertentu.

“Lapisan pembuluh sarafnya diblok agar tidak bisa lagi mengirimkan sinyal nyeri yang sifatnya kroik dan telah berlangsung lama,” kata Dr. Mahdian. Kelebihan dari terapi ini bisa meningkatkan lingkup gerak tubuh dan meminimalkan penggunaan obat oral.

Baca Juga : Ini Dia ‘Pasukan’ Penyebab Nyeri pada Leher

Penelitian Terbaru Tentang Terapi Radiofrekuensi

Sebuah penelitian terbaru mengatakan terapi Radiofrekuensi (RF) dapat bermanfaat besar bagi pasien yang tidak membeli respons terhadap pengobatan standar dan gagal dengan prosedur lain.

Geoff Brockenshire menjelaskan bagaimana tulang panggul dan tulang belakang lumbar merupakan pusat organ yang paling aktif saat kita bergerak. Semua itu kemudian dikawal oleh otot-otot perut yang kita sebut ‘core’. Ketika ada yang bermasalah dengan kondisi saraf di area tersebut RF bisa mengirimkan getaran energi yang mengurangi peradangan pada akar saraf di tulang belakang.

Terapi RF sebenarnya bukan hal baru. Pertama kali disahkan oleh Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) pada tahun 1980. Tetapi perkembangan terbaru dalam teknologi medis dapat membuat para ahli dapat menggunakannya dengan akurasi yang lebih besar.

“Saya kagum dengan hasil RF,” kata penulis studi dan ahli radiologi, Dr. Alessandro Napoli. “Terutama setelah membaca penelitian penyakit lumbar dengan herniasi diskus berulang.”

“Pengalaman pribadi saya juga bisa memastikan perawatannya tidak menyakitkan dan cepat,” kata Napoli yang pernah menjadi pasien terapi RF juga.

Napoli adalah profesor radiologi intervensi di Universitas Sapienza di Roma, Italia. Dia dan rekan-rekannya berencana untuk melaporkan hasil penelitian mereka pada pertemuan tahunan Radioligical Society of North America di Chicago. Penelitian seperti ini dianggap masih dini untuk dipublikasikan dalam jurnal.
Non-invasif, Lebih Murah dan Minim Risiko

Terapi standar termasuk obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, suntikan kortikosteroid tulang belakang, dan atau pembedahan invasif yang kadang-kadang melibatkan pengangkatan disk dan fusi vertebra.

Meskipun keselamatan operasi telah “Sebagian besar membaik”, Napoli menunjukkan adanya risiko perdarahan dan infeksi, kebutuhan untuk tinggal di rumah sakit minimal dua hari, biaya tinggi, dan fakta bahwa beberapa pasien akhirnya menyadari sedikit manfaatnya.

Sebaliknya, RF bebas sayatan dan tidak memerlukan tinggal di rumah sakit, non-invasif, jauh lebih murah dan tidak terlalu berisiko.

Radiofrekuensi bisa digunakan sebagai pilihan untuk mereka yang telah gagal dengan terapi dan obat-obatan lain. Ini mungkin bisa jadi pilihan yang sama bagi mereka yang tak bisa menerima injeksi steroid, tapi mereka memerlukan penanganan lebih lanjut.

33 Comments
  1. Balas
    Ahmad Syaifuddin

    Mau tau biaya nya berapa?

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Selamat Siang Pak Ahmad. Untuk biaya radiofrekuensi ablasi sebesar 20 juta, dengan bonus 3 kali kontrol dan obat paska tindakan. Biaya ini masih lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit lain.

      Terimakasih

      Lamina Pain and Spine Center

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Biaya tindakan radiofrekuensi ablasi untuk mengatasi nyeri pinggang maupun leher sebesar 20 juta. Ini sudah termasuk kontrol 3 kali paska tindakan dan obat. Terimakasih

  2. Balas
    Hadi

    Untuk sakit pungggung berapa kali terapinya dan berapa biayanya sekali terapi RF tersebut.
    Terimakasih.

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Untuk masalah sakit punggung. Tidak semua dilakukan terapi radiofrekuensi ablasi. Pada tahap awal, suntik obat dapat mengatasi nyeri punggung. Untuk baiaya sendiri masih sangat terjangkau. Untuk konsultasi dengan dokter kami, hanya Rp. 200.000,-. Kapan bapak Hadi dapat berkunjung ke klnik kami untuk mendapatkan terapi dan pengobatan yang tepat?

      Terimakasih
      Lamina Pain and Spine Center

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Cukup satu kali. Untuk biaya sebesar 20 juta, sudah termasuk kontrol paska tindakan sebanyak 3 kali dan obat. Terimakasih

  3. Balas
    Abdulhamid

    Nyeri punggung sebelah kiri/kanan ,kalau untuk tarik nafas sangat terasa .Gejala apa dok,terus kalau kerumah sakit poli nya apa

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Selamat Siang Bpk. Abdul Hamid. Penyebab nyeri punggung yang disertai nyeri saat menarik nafas kemungkinan disebabkan oleh spasme otot punggung. Istirahat, dan konsumsi obat tertentu yang dapat merelaksasi otot punggung dapat memberikan manfaat yang baik untuk menghilangkan gejalanya. Silahkan datang ke klinik kami, Lamina Pain and Spine Center di Jakarta.

      Terimakasih

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Silahkan datang dengan dokter penyakit dalam. Kalau memang ingin berkunjung ke klnik kami nanti bisa bertemu dengan dokter rehabilitasi medis. Terimakasih

      Lamina Pain and Spine Center Mampang
      Jl. Warung Jati Barat No.34, RT007/005 Kalibata, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
      Telp. 021 791 96 999

      Lamina Pain and Spine Center Cibubur
      RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454
      Telp. 021 286 78 888

  4. Balas
    Asd

    assalanuakaikum..selamat malam dr..?jika berkenan sy tanya tentang sakit tylabg punggung belakang. ivu sy mebderita sakit ini sdh 2 th lamanya…dimana tempt dan solusinya..trimakasih sebelumnya…

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Waalaikumsalam. Selamat Siang pak Joko. Terimakasih telah menghubungi kami.Nyeri punggung yang sudah terjadi lebih dari 3 bulan sebut sebaki nyeri punggung kronik. kemungkinan penyebabnya bukan lagi masalah otot, tapi masalah tulang atau jaringan tulang belakang sekitarnya seperti bantalan sendi dan saraf. Silahkan datang ke klnik kami untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. kami memiliki beberapa cabang klnik di Jakarta dan Jawa Barat. Berikut ini alamatnya :

      Lamina Pain and Spine Center Mampang. Jl. Warung Jati Barat No.34, RT007/005, Kalibata, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
      Lamina Pain and Spine Center Cibubur. RS Meilia Cibubur, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454
      Lamina Pain and Spine Center Menteng. RSU Bunda, Lantai 5, Jl. Teuku Cik Ditiro No.21 Menteng – Jakarta Pusat

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Klinik kami ada 3 cabang untuk saat ini. Alamat klinik kami, sebagai berikut :

      Lamina Pain and Spine Center Mampang
      Jl. Warung Jati Barat No.34, RT007/005 Kalibata, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760
      Telp. 021 791 96 999

      Lamina Pain and Spine Center Cibubur
      RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454
      Telp. 021 286 78 888

  5. Balas
    Kristanto

    Selamat siang Dok, Saya sudah cukup lama menderita asam lambung, dan sudah berangsur sembuh, tapi akhir akhir ini timbul nyeri di bagian dada sebelah kiri dan punggung atas bila habis makan pagi. dan rasa nyeri itu sudah terjadi 2 kali, dalam 1 minggu ini, sudah di cek rekam jantung hasilnya normal… gejala apa ya Dok? Terima kasih

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Nyeri punggung banyak disebakan kondisi kesehatan, termasuk masalah lambung. Beberapa kondisi lain seperti masalah otot, tulang dan bantalan tulang belakang juga dapat berkontribusi pada kondisi tersebut. Sebaginya bapak datang ke klnik kami untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut? kapan kiranya pak Kris menyempatkan waktu? Terimakasih.

      Lamina Pain and Spine Center

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Nyeri di dada dapat disebabkan banyak hal. Salah satunya masalah otot dada, terutama jika sempat mengalami benturan. Obat rekasan otot bisa membantu mengatasi hal ini. Silahkan datang ke klinik kami untuk mendapatkannya. Terimakasih

  6. Balas
    Ria putry

    Saya sakit belakang punggung. Badan pun ikut panas. Tdur telentang pun sakit.

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Selamat siang ibu Ria. Kondisinya sudah berapa lama? apakah sebelumnya ada riwayat terjatuh atau mengangkat benda berat? untuk bagian punggung apa ada memar atau tidak? mohon informasinya. Terimakasih

      Lamina Pain and Spine Center

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke klinik kami untuk mengetahui penyebab utamanya apa. Ibu ria tinggal dimana?

  7. Balas
    Fatih kurniawan

    asalamualaikum saya ingin tanya apa yg harus dilakukan saat nyeri punggung dokter? Saya nyeri punggung sebelah kiri

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Saat nyerinya masih belum lebih dari 3 minggu. Istirahat dan obat anti nyeri bisa mengatasi keluhan yang bapak alami. Jika nyerinya sudah lebih dari 3 bulan silahkan datang ke klnik kami untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terimakasih

  8. Balas
    Fendi

    Assalamu alaikum dok… saya mau tanyak.. baru2 ini tidur saya terbangun oleh nyeri d punggung saya… apakah itu tanda2 gejala ginjal dok…

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Tidak Bapak efendi. Kemungkinan besar karena masalah otot saja. Semoga kondisinya puli dengan istirahat atau dengan konsumsi obat anti nyeri. Bapak tinggal dimana?

  9. Balas
    Agni

    malam dok..
    saya mau tanya,.2 hari belakangan ini,pinggang kiri saya terasa agak nyeri,seperti orang kelelahan saat lari.
    padahal saya juga tidak ada aktivitas yang berat dok.
    kenapa ya?terimakasih

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      nyeri pinggang paling banyak disebabkan masalah otot. Tidak harus melakukan aktivitas berat. aktifitas ringgan yang dilakukan secara berulang juga menyebabkan maslah otot. Demikian juga dengan posisi duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah pada otot. Jika nyerinya masih ada, silahkan datang ke klnik kami untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terimakasih

  10. Balas
    Mariati Chang

    Pagi dok.suami saya kalau malam menjelang pagi pasti sakit luar biasa.dan harus tarik napas dalam dulu baru bergerak.itu pun gerak kyk robot.apa solusinya y dok?..kami tinggal di wilayah medan.apakah ada cabang disini?

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Nyerinya hanya di pagi hari? setelah beraktivitas apakah masih ada keluhan jyeri juga? Untuk saaat ini klinik kami baru ada di Jawa dan Jakarta. Semoga dalam waktu dekat bisa hadir di Medan. Untuk memeastikan kondisi suami ibu, dokter harus melakukan beberapa pemeriksaan baik fisik maupun radiologi. Silahkan datang ke Jakarta. Terimakasih

  11. Balas
    Damai

    Klo sakit punggung disaat kita jaln Dok obatnya apa
    Saya sudah beberapa bulan in mengalami sakit punggung ini
    Ini sakit berulang Dok
    Mohon petunjuk Dok

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Terapi nyeri punggung sangat beragam, tergantung penyebabnya. Paling banyak disebabkan oleh masalah pada otot, tulang hingga saraf. Untuk memastikanya dokter harus melakukan beberapa pemeriksaan termasuk fisik, hingga pemeriksaan radiologi. SIlahkan datang ke klnik kami untuk melakukannya. Terimakasih

  12. Balas
    Damai

    Klo sakit punggung disaat kita jaln Dok obatnya apa
    Saya sudah beberapa bulan in mengalami sakit punggung ini
    Ini sakit berulang Dok
    Mohon petunjuk Dok

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Terapi nyeri punggung sangat beragam, tergantung penyebabnya. Paling banyak disebabkan oleh masalah pada otot, tulang hingga saraf. Untuk memastikanya dokter harus melakukan beberapa pemeriksaan termasuk fisik, hingga pemeriksaan radiologi. SIlahkan datang ke klnik kami untuk melakukannya. Terimakasih

  13. Balas
    Septavia

    Selamat pagi dok,saya nyeri punggung dibelakang pas di bagian tengah sampai ke samping tulang rusuk dan keadaan sekarang ini saya lagi sakit asam lambung,kalo saya menarik nafas dalam, nyeri di punggung kanan sampai ke tulang rusuk terasa menusuk dan seperti otot” nya di tarik tapi kalo menarik nafas pendek sakit nya hanya sedikit,apakah ini dari asam lambung..atau sakit yang lain yah Dok? Karena nyeri di punggung ini banyak sekali yg menyebabkan faktor penyakit lain nya selain asam lambung.Terima kasih dok,mohon pencerahan nya

    • Balas
      Solusi Skoliosis

      Banyak sekali kemungkinannya salah satunya lamung, dapat juga terjadi masalah di otot, sekitar dada. Seperti spasme, akibat benturan ringan atau sedang. Jika nyerinya tidak kunjung hilang sebaiknya lakukan pemeriksaan di klinik kami. Terimakasih

  14. Pingback: Ini Dia ‘Pasukan’ Penyebab Nyeri pada Leher | Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Appointment Now

Konsultasi Via Call Center